0 item in the bag

No products in the cart.

Membangunkan Karakter Mulia dengan Membudayakan Menulis Al-Qur'an

PERSIAPAN MENULIS

Persiapan itu meliputi pensucian diri secara fisik hingga ruhani. Kita sebagai guru tentu menghadapi murid-murid yang tentu belum mengerti apakah itu ruhani( boleh jadi kita sebagai guru pun juga mengalami hal yang sama). Oleh karena itu anak-anak perlu kita arahkan melalui intruksi-intruksi tertentu agar ruhani mereka pun mengalami persiapan.

A. Membersihkan badan

  • Bersih dari najis
  • Bersih pikiran dan hati yang kotor

B. Mensucikan diri

  • Bersih dari hadats dengangan melakukan wudlu
  • Membasuh tangan dan mata

C. Mempersiapkan mental

  • Ketenangan pikiran
  • Berkosentrasi memusatkan perhatian

D. Mempersiapkan peralatan

E. Mengatur badan saat menulis

  • Posisi badan yang relatif tegak, tidak melengkung je dalam ataupun keluar
  • Jarak pandang menulis 25 – 30 sentimeter
  • Posisi tangan dalam keadaan kering

TEKNIK PENULISAN

Dalam menulis Al quran tulis ini hal yang harus diperhatikan adalah arah dan urutan penulisan, mengingat kegiatan ini bukan sekedar memenuhi halaman dengan coretan sesuai dengan apa yang sudah tertulis dengan samar. Terutama dalam kaitannya dengan efek yang akan terjadi pada diri dari kegiatan menulis itu maka arah dan urutan menjadi hal yang sangat penting.

A. Arah penulisan

  • Kanan ke kiri, kita semua tau bahwa hurup arab yang digunakan dalam penulisan Alquran mengarah dari kanan menuuju kekiri. Soal arah ini seringkali memang dilanggar oleh anak atas alasan ketergesahan tadi. itu sebabnya guru pembimbing harus ekstra waspada.
  • Atas kebawah, dalamsatu halaman quran tulis terdapat beberapa beris yang tersusun dari atas kebawah. Dalam melakukan penulisan tentu, saja seperti auran dasarnya yaituarah tulisan
  • Berputar searah atau berlawanan dengan jarum jam, Ada beberapa huruf yang sebagaian dari bentuknya membentuk setengah lingkaran ataupun melingkar, hampir penuh ataupun lancip namun membentuk ruang.teknik melingkarteknik melingkar 2teknik melingkar 3teknik melingkar 4teknik melingkar 5teknik melingkar 6

B. Larangan dalam kaitan dengan arah penulisan

Barangkali yang harus diperhatikan kembali adalah tujuan penulisan Alquran itu sendiri. Tentu harus dipahami bahwa menulis Alquran ini bukan sekedar memenuhi dengan penuh halaman yang sudah tercetak secara samar huruf Alquran.

Arah menjadi sangat penting dalam penulisan maka jika arah dan urutan dilanggar maka akan bisa dipastikan bahwa kegiatan ini tidak ada nilainya kecuali bahwa seseorang memiliki Alquran tulis tangannya sendiri.

Yang dinakan tulisan adalah coretan yang bermaksud, maka  ketika sebuah coretan secara substansial menghilangkan maksud itu, dengan sendirinya ia tidak dianggap sebagai tulisan walaupun bisa dibaca oleh karena adanya patron yang sudah tercetak dengan samar tersebut.

C. Urutan menulis

Antara menulis arab dengan menulis huruf latin tentu sangat berbeda. Kalau huruf alfabet atau latin, hal yang membuatnya bisa berbunyi adalah huruf vokal, sementara yang dibunyikan adalh konsonan. Keduanga disatukan dalam posisi yang sama.

Berbeda dengan huruf arab, hal yang membuatnya bisa berbunyi adalah “harokat” dan yang mempertegas perbedaan antara satu dengan huruf yang lain selain bentuknya adalah titik. Jadi, menulis huruf arab agak berbeda dengan huruf alfabet

Baik dalam proses penulisan maupun setelah penulisan, setiap penulis haruslah memiliki adab bagaimana memperlakukan mushaf sebagai representasi penghormatan atas firman ALLAH. Ketika Rasa hormat kepada Al Quran sudah terbentuk, maka dengan meletakkan mushaf itu diatas meja masing-masing anak, makka mereka akan cendrung tidak main-main terhadap lingkungan dimana mushaf itu berada. Dengan cara ini tentu ada banyak guru yang terbantu mengingat tak sedikit murid yang sulit dikendalikan oleh gurunya, oleh karena itutak sedikit guru yang telah kehilangan kehormatan sedemikian rupa sehingga hampir mustahil jika ingin dihormati oleh murid-muridnya.

Silahkan menuju ke link berikut ini Untuk pemesanan Al-quran tulis untuk mempermudah Belajar Menulis Arab Sambung

Leave a response