0 item in the bag

No products in the cart.

Membangunkan Karakter Mulia dengan Membudayakan Menulis Al-Qur'an

Gerakan Menulis 1000 Juz & Bagikan Kopyah

Suasana meriah terlihat di pelataran halaman Madrasah dan serambi Masjid Al-Musthofa pada Sabtu kemarin (22/10). Pagi hari tepat pukul enam, sekitar 1000 siswa MI. MTs. Al-Musthofa duduk rapi di bawah terik matahari yang hangat. Di depan mereka ada kitab FTL (Follow The Line) ditaruh di meja lipat yang dibawa dari rumah.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional. Di samping untuk memeriahkan Hari Santri, kegiatan menulis FTL merupakan atraksi massal yang dimaksudkan untuk melatih siswa dalam menulis huruf Arab terutama ayat-ayat Al-Qur’an.

Hj. Siti Romlah,S.Ag. kepala MI. Al-Musthofa menjelaskan bahwa FTL merupakan metode menulis ayat Al-Qur’an dengan cara menebali. Berdasarkan penelitian menulis dari kanan ternyata bisa meningkatkan kecerdasan dan kejernihan hati.

“Sudah 3 tahun ini kami mengadakan kegiatan FTL, kegiatan unggulan ini sampai sekarang masih belum ada di madrasah-madrasah Kecamatan Jetis, sedangkan kitabnya kami bekerjasama dengan penerbit Tarbiyatul Alamin Mojokerto yang merupakan lembaga resmi penemu metode ini,” kata Romlah menjelaskan.

Dalam satu jam semua siswa menulis sebanyak satu juz bahkan juga gurunya, sehingga pada hari tersebut gerakan menulis 1000 juz berjalan sukses. Selain di MI, FTL juga dilaksanakan di MTs. dan MA. Al-Musthofa, dalam 3 tahun bisa dipastikan siswa sudah menyelesaikan 30 juz karena penulisan FTL adalah syarat wajib kenaikan kelas dan kelulusan.

Sedangkan pada sore harinya siswa-siswi MA. Al-Musthofa mengadakan kegiatan upacara peringatan Hari Santri dilanjutkan dengan membagikan stiker dan kopyah gratis kepada pengguna jalan yang melintas di depan madrasah.

Dibantu aparat kepolisian, para siswa menghentikan mobil dan meminta izin untuk mengenakan kopyah kepada para sopir. Sedangkan bagi pengendara roda dua diberi stiker yang berisi ajakan untuk menyukseskan dan memeriahkan Hari santri Nasional tahun ini.

“Kami berharap dengan berjajar di pinggir jalan, membagi stiker dan kopyah kepada pengguna jalan, paling tidak masyarakat jadi tahu Hari Santri dan berupaya untuk merenungi makna Hari Santri ini,” harap H. Chayun,S.Pd.I. kepala MA. Al-Musthofa.(AH) Sumber : http://almusthofamojokerto.or.id/gerakan-menulis-100-juz-bagikan-kopyah/

Tags: