0 item in the bag

No products in the cart.

Membangunkan Karakter Mulia dengan Membudayakan Menulis Al-Qur'an

Gerakan Menulis Al-Quran Mendekatkan Anak Menuju Generasi Qurani

Q T –  Santri TPQ Al Hidayah Plawikan Jogonalan Klaten memulai Gerakan Menulis Al-Quran yang dilaksanakan di Mushola Al Hidayah, Selasa (27/05/2019). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengisi bulan Ramadhan 1440 H, dirangkaikan dengan kegiatan sore hari TPQ.

Gerakan menulis Al-Quran tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan cara membaca Al-Quran tetapi juga menuliskannya. Pada kesempatan itu anak-anak usia sekolah dasar menuliskan beberapa lafadz Al-Quran yang jika digabungkan akan berjumlah 6.666 ayat sesuai dengan banyak ayat dalam Al-Quran.

Metode yang digunakan adalah metode “follow the line”, yaitu dengan menebalkan huruf-huruf dan mengikuti garis yang telah tersedia. Dengan metode ini, diharapkan anak bisa lebih mudah belajar menulis Al-Quran.

Nurul Hidayat selaku Owner qurantulis.com, yang juga turut hadir bersama istri dan putri-putrinya, ikut menuliskan beberapa kalimat. Ia ingin menunjukkan bahwa metode tersebut mudah dipahami dan dikerjakan.

Gerakan menulis Al-Quran digagas oleh Yayasan Yasin Amal Mulia Surakarta. Nurul mengatakan, gerakan ini tidak akan berhenti sampai di sini, tetapi juga akan dilanjutkan diberbagai daerah di Klaten dan sekitarnya.

“Saya mendorong kegiatan ini untuk rutin dilakukan. Kalau bisa jangan setahun sekali, kita adakan mungkin setahun dua atau tiga kali karena jumlah anak-anak di klaten ratusan ribu,” katanya.

Iya sangat mendorong upaya-upaya untuk membangun mental dan spiritual warganya. “Setiap upaya yang mendekatkan generasi muda ini kepada agama, kepada Qur’an sangat saya dukung,” ungkap Nurul.

Program menulis Al-Quran ini menambahi jumlah program pembinaan agama warga Klaten.

“Semoga setelah ini Warga Plawikan selain jago mengaji juga jago menulis al quran,” harapnya.

Tags: